Sikap sabar yang harus melekat

Mungkin bulan inilah bulan yang mengajarkan saya tentang kesabaran. Mulai sabar dalam menata diri, profesi, rekan kerja, relasi dan lingkungan sekitar. Tepat satu tahun lebih satu bulan di perantauan pulau ini.  Begitu banyak kejadian yang menimpa seakan semuanya dirapel di bulan ini. Kalau lah uang yang dirapel mungkin akan berbunga2 dan bersenang-senang lah saya. Tapi kenyataan  itu sebaliknya begitu banyak cecok dan masalah yang menimpa dan juga kedewasaan ini.

Saya sedang berbicara dengan hati saya, juga pikiran ini. Entah kenapa saya suka sekali mengungkapkan di tulisan ini. Kalau dihitung tulisan ini hampir  mendominasi. Ah sudahlah karena saya ingin mengarsipkan ini sebagai pelajaran dan pengalaman yang tak terlupakan.

Satu persatu dari sekian masalah yang datang bertumbuh dan berkembang di bulan ini. Serasa apa yang ditanam bulan-bulan lalu kini tibalah saatnya mereka tumbuh subur, menjulur dan mengakar. Wow seperti itu lah layaknya bila saya ilustrasikan. Memang ada benarnya, bila satu pekerjaan segeralah selesaikan di waktu-waktu senggang mu. Janganlah menundanya. Dengan menunda inilah nantinya menjadi bibit-bibit yang akan tumbuh disaat waktu yang bersamaan.

Berbicara tentang emosi dan kedewasaan memang tak akan ada habisnya. Keinginan berkuasa dan segala keinginannya. Tentang penyikapan masalah dan menghadapi segala penyelesaiannya. Coba untuk berpikirlah lebih luas keluar dari sudut pandang yang berbeda. Maka disanalah saya akan menemukan artinya.

Kadangkala semua itu tidak akan bisa slesai dengan mudahnya, karena tahap atau proses itulah yang harus terus dijalani, bersabarlah. Hingga sampai pada titik kemenangan itu.  [111112]

Leave a Reply

