Sharing Ilmu @SNTIKI5 Pekanbaru

Selasa (2/10/2013) momen pertama kali mengunjungi kota Pekanbaru, Riau. Salah satu agenda untuk bisa jalan-jalan keliling Indonesia ya, sharing ilmu dengan paper call ini. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (SNTIKI) ke-5 UIN Suska Riau.

Tak seperti yang kurasakan sebelumnya nuansa pekanbaru yang sejuk nan rindang, ternyata hal itu berbeda jauh setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II. “Panas dan berdebu”. Heum,..🙂 Pantaslah menjadi percontohan untuk rumah dengan energi listrik alternatif panel surya. Sebut saja kawan saya Cahyo, pemilik dan perintis dari Rumah Panel Surya ini.

rumahpanelsurya

rumah kawan dengan panel surya nya

Keunggulannya pasti sudah bisa terbayangkan, yang jelas tidak lagi ada mati lampu dari PLN. Hanya mungkin masalahnya adalah pada baterainya. Input/charge energi surya yang besar di siang hari namun tak dapat disimpan dengan maksimal. Jembatan pada gerbang utama pintu kampus UNRI memiliki rumah panel surya  yang juga digunakan untuk menerangi jalan dan taman sekitarnya.

Kunjungan ke kota ini pun skalian mengunjungi tempat2 Perguruan Tinggi di Riau, UIR, UNRI, UIN Suska Riau, dan berakhir di Politeknik Caltex Riau dalam rangka agenda rapat Seminar Call Paper ABEC Poltek Batam. Selain itu mengunjungi Perpustakaan Soeman Hasibuan yang merupakan perpustakaan terbesar Megah dan Cantik. Sebagai penutup belanja di Pasar Bawah merupakan tempat untuk mencari khas dan oleh2 di kota ini.

Slide Presentasi Seminar SNTIKI5 PKU

 

One Response to Sharing Ilmu @SNTIKI5 Pekanbaru

  1. Hello, after reading this amazing article i am as well happy to share my knowledge here with mates.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: