sifat buruk dan mana sifat baik mu..?

Lebaran ini mendengarkan nasehat ceramah dari Ust. Ahmad Walidi, imam Masjid Al Falah. Ia seorang contoh teladan (imam) di kampung saya. Nasehat yang berisi tentang makna idul fitri. Bagaimana hari fitri adalah hari kemenangan dimana manusia kembali ke fitrahnya. Yakni kembali suci, suci seperti dilahirkan kembali. Fitrah manusia dilahirkan awalnya adalah bersih suci dengan tidak membawa dosa.

Memahami fitrah manusia; bahwa sesungguhnya manusia diciptakan dengan sifat-sifat aslinya “DIRI aslinya” diciptakan oleh Sang Pencipta.

Fitrah yang asli kita timbun dalam-dalam dengan keburukan sifat. Kejujuran kita timbun dengan kebohongan berlapis-lapis. Kemurahan kita simpan dengan kekikiran. Cinta kita tenggelamkan dengan kebencian.Sifat pemaaf kita abaikan dengan setia memelihara sifat dendam. (Hendro P.)

Teringat training motivasi oleh TRASCO Lampung dulu ketika aktif di kerohanian islam siswa SMA dulu. Pelatih memberikan sebuah instruksi untuk menuliskan di secarik kertas semua sifat-sifat buruk yang melekat. “Tulis dengan sebanyak-banyaknya. Semakin banyak sifat buruk yang ditulis maka akan semakin bagus”. Begitulah kata pelatih. Saya pun memulai untuk menuliskan semua sifat-sifat buruk tersebut. Hari ini saya kembali untuk memotivasi diri dengan mencobanya untuk menuliskan sifat2 buruk itu. Setelah itu pelatih menginstruksikan kembali untuk meremas-remas kertas tersebut dan merebok-roebknya menjadi bagian terkecil serta membuangnya jauh-jauh.

Selamat tinggal sifat buruk, Bismillah… dengan menyebut nama mu Ya Allah, saya akan tinggalkan jauh2 sifat buruk ini dengan kembali ke fitrah-Mu. Aamiiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: