Jejak Perjalanan Pulau Bintan (Tg.Pinang)

Indonesia itu memang kaya raya dan luas. Kaya!, dengan pulau-pulaunya, pariwisata; laut, pantai, ikan dan semua sumber daya alam lain. Luas!, cobalah jelajahi sejenak Provinsi Kepulauan Riau, salah satu provinsi yang terdiri dari pulau-pulau kecil dengan jarak pemisah laut, pastilah kita akan mendapatkan makna tentang ke-Indonesiaan..

Sabtu minggu lalu adalah momen yang sangat berbahagia bisa bertemu kembali di pulau ini dengan teman kuliah (satu kostan) dulu, Bandung. Perjalanan dimulai dari batam center menuju pelabuhan punggur, batam menggunakan angkot seharga Rp. 8.000,- sekitar satu jam perjalanan. Sampailah di pelabuhan punggur, untuk membeli tiket kapal ferry (Baruna), belilah sekaligus pulang pergi karena tiket tersebut dapat digunakan kapan saja dan lebih murah (Rp.78.000,-). Perjalanan ini dapat ditempuh sekitar satu jam sampai di pelabuhan tanjung pinang.

Ketika sampai di pulau ini, sesaat terlihat bukan di daerah sendiri karena terlalu banyak ruko/toko orang china serta dengan corak dan gaya budaya melayu. Beberapa tempat dan pengunjung seperti tidak biasanya banyak orang asing. Namun setelah memasuki batu 2 kampung baru terdapat perkampungan orang sunda dan jawa. Wah memang orang jawa menduduki peringkat terbesar di Indonesia.

tes

Perjalanan selanjutnya berlayar menuju pulau penyengat dimana pulau ini merupakan wisata terpenting di kota Pinang. Pulau penyengat ini berjarak sekitar 2 mil dari pelabuhan pinang, dengan perahu kecil seharga Rp. 5000,-. Kita dapat menikmati indahnya laut dan alam sekitar. Pulau ini terdapat masjid raya sultan riau, makam raja riau, dan balai adat, untuk lebih lengkapnya dibahas disini kompas dan blog nra402.

Selain itu wisata lainnya adalah pantai, pantai dapat kita nikmati dimana-mana. Namun yang paling bagus dan cocok di pinang adalah Pantai Trikora mulai trikora satu hingga empat kalau tidak salah. Sayang tidak mengunjungi semua pantai tersebut alias hanya lewat saja. Hayuu jelajahi pulau di indonesia..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: