Pemanfaatan Teknologi Virtualisasi di Lingkungan Pendidikan

Virtualisasi merupakan upaya untuk memvirtualkan sistem operasi sehingga dapat bekerja seperti layaknya komputer asli. Dalam artian kata, kita dapat menyimulasikan kerja sistem komputer di dalam sebuah komputer. Beberapa aplikasi virtual memiliki beberapa keunggulan diantaranya; mampu memnghemat biaya (cost) yang terlalu tinggi untuk kebutuhan hardware dan listrik, memudahkan dalam backup data dan  lain sebagainya. Penerapan virtualisasi dalam bidang pendidikan di SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan  merupakan salah satu alternatif untuk solusi keterbatasan laboratorium komputer. Cukup dengan menggunakan mesin virtual lab. komputer dapat kita manfaatkan untuk lab. Jaringan, lab. RPL, lab. KKPI, dll..

Beberapa contoh teknologi virtualisasi untuk memvirtualisasikan komputer diantaranya virtualisasi instalasi  sistem operasi dalam satu PC, virtualisasi jaringan, virtualisasi aplikasi, virtualisasi penyimpanan (storage) dan lain sebagainya.

 

One Response to Pemanfaatan Teknologi Virtualisasi di Lingkungan Pendidikan

  1. […] Simulasi jaringan pada mesin virtual akan memudahkan kita dalam belajar jaringan. VirtualBox merupakan salah satu aplikasi yang opensource dan memiliki keunggulan tersendiri (sebelumnya). […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: