Tahapan Sistem Pengenalan Wajah

1. Detection

Mendapatkan gambar dapat dilakukan dengan memindai foto digital yang ada (2D) atau dengan menggunakan gambar video untuk mendapatkan gambaran langsung dari subjek (3D).

2. Alignment

Setelah mendeteksi wajah, sistem menentukan posisi kepala, ukuran dan pose. Subjek memiliki potensi untuk dikenali sampai 90 derajat, sedangkan dengan 2D, kepala harus berbalik setidaknya 35 derajat ke arah kamera.

3. Measurement
Sistem kemudian mengukur kurva wajah pada skala sub-milimeter (atau microwave) dan menciptakan template.

tahapan sistem pengenalan wajah

tahapan sistem pengenalan wajah (sumber; http://www.flixya.com/photo/835037/Facial-Recognition-)

4. Representation
Sistem menerjemahkan template ke dalam kode yang unik. Code ini memberikan setiap template satu set nomor untuk mewakili fitur pada wajah subjek (code benerisasi).

5. Matching
Pencocokan dilakukan dengan gambar 2D dan database berisi gambar 2D, atau menggunakan database gambar 3D untuk pencocokan yang lebih real time dan akurat. Gambar 3D menyediakan subjek gambar hidup/bergerak kemudian dibandingkan dengan gambar datar/stabil. Ketika sebuah gambar 3D diambil, poin yang berbeda (biasanya tiga wilayah) diidentifikasi. Misalnya, bagian luar mata, bagian dalam mata dan ujung hidung akan ditarik keluar dan diukur.

Setelah pengukuran tersebut, sebuah algoritma diterapkan pada gambar untuk mengubahnya menjadi gambar 2D, yakni konversi gambar dalam code binerisasi, yang kemudian akan dibandingkan dengan gambar 2D dalam database untuk menemukan kecocokan potensial.

6. Verifikasi atau Identifikasi
Dalam verifikasi, gambar yang cocok hanya satu gambar dalam database (1:1). Misalnya, gambar yang diambil dari subjek mungkin cocok untuk gambar di database untuk memverifikasi subjek adalah “Ini wajah saya..”.

Jika identifikasi, maka gambar dibandingkan dengan semua gambar dalam database (1: N). Dalam hal ini, Anda dapat mengambil gambar dan membandingkannya dengan database. Dengan kata lain “Wajah siapa ini..?”

Sumber:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: