Bila Orang Tua belum mengizinkan, …

Orang tua memiliki peran yang sangat strategis di dalam keluarga dan tentunya kehidupan kita, tetapi penentu kehidupan kita jelas kitalah yang menentukan. Semua manusia pastilah ingin dan bercita-cita hidup bahagia baik bahagia dunia maupun akhirat. Salah satu ibadah yang yang wajib hukumnya adalah berbakti kepada kedua orang tua. Hal ini disebutkan dalam hadist bahwa ;

“Keridhaan Allah tergantung dari keridhaan kedua orang tua, dan murka Allah pun terletak pada murka kedua orang tua.” (HR. Al-Hakim).

Orang tua mana yang tidak menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Sikap kecemasan dan kehati-hatian orang tua adalah bentuk kasih sayang terhadap anak-anaknya. Ketika mereka melarang sesuatu, tentu disana ada alasan-alasan untuk kebaikan bagi anak-anaknya, sehingga memberatkan kedua orang tua untuk melepaskan anaknya. Begitupun dengan kita sebagai anak, tentunya menginginkan kebaikan bagi diri dan kedua orang tua.

Sehingga yang diperlukan dalam hal ini antara anak dan kedua orang tua adalah komunikasi yang baik dan sehat antara keduanya. Komunikasi yang baik dan sehat adalah komunikasi yang dijalin dengan niat karena Allah dan keridaan-Nya. Komunikasi yang di dalamnya tidak mengedepankan emosi, rasa ingin menang sendiri, atau bahkan malah menimbulkan rasa takut dan segan sehingga membuat salah satu pihak tidak nyaman mengungkapkan perasaannya.

Hal yang wajar bila mereka melarang menikah muda karena meraka tak ingin kita gagal dalam studi, apalagi nanti tak sanggup menafkahi sang istri dan hanya tergantung kepada orang tua padahal sudah menjalin pernikahan. Maka cara yang efektif adalah menunjukkan bahwa kita sanggup dan mampu bertanggung jawab. Tunjukkanlah pada mereka dengan kesantunan akhlak, berbakti kepada keduanya dan juga patuh terhadap perintahnya selagi perintah tersebut baik, tidak mngajak kepada kemaksiatan. Tunjukkan juga bahwa kita sudah bisa menafkahi diri kita sendiri, bila perlu membelikan keduanya apa yang disukainya dengan uang sendiri tentunya. Selanjutnya tinggal mencoba mendekati hati kedua orang tua, bicaralah dan komunikasikan perasaan dengan ungkapan yang baik. Teruslah bersabar dan tetap istiqomah untuk mencoba mendekati dengan baik. Semoga Allah memberikan kelancaran.. Amin..J (bersambung)

3 Responses to Bila Orang Tua belum mengizinkan, …

  1. agid says:

    be smart..

  2. bagas says:

    ha.ha..🙂
    tak dukung mas..

  3. dwi says:

    @all: ya.ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: