MUKERNAS PERMASISEL

“Dari Sebuah Forum Pemuda Melangkah Menjadi Sebuah Organisasi”

Mahasiswa Bandung, Jogja, Semarang dan Jabodetabek berkumpul dalam acara Musyawarah Kerja Forum Mahasiswa Asal Sumbagsel yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Maret 2010 bertempat di Gedung Wisma Makara UI Depok. Forum mahasiswa asal sumbagel yang merupakan forum yang mewakili mahasiswa asal Sumatera Bagian Selatan yang sedang menempuh kuliah atau bekerja diluar daerah. Sumbagsel termasuk di dalamnya adalah Jambi, Sumatera Selatan (Palembang), Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung.

Wilayah ini sebenarnya masih perlu orang-orang muda yang siap memimpin dan mengembangkan potensi daerahnya. Karena itu satu hal yang perlu dipersiapkan oleh anggotanya yakni siap untuk pulang dan mengembangkan daerah asal serta mampu memimpin usaha disana, baik dari sisi kehidupan social, politik dan kemasyarakatan. Melihat peluang berusaha, peluang berkarir, peluang enterprener dll.

Bekal kuliah yang selama ini ditempuh dan dijalani menjadi bekal untuk berkarya, serta formasisel sebagai wadah untuk saling berbagi ilmu, skill dan pengalaman. Artinya hal ini memiliki peran untuk membuat sebuah komunitas yang saling menguntungkan bagi anggotanya. Dalam hal ini juga  memanfaatkan jaringan mahasiswa asal sumbagsel atau alumni  sumbagsel yang sudah bekerja dan telah berhasil untuk turut berperan serta.  Jaringan mahasiswa yang baru dikembangkan dalam skup pulau jawa (Jabodetabek, Jabar, Jateng dan Jogja).

Musyawarah Kerja Nasional Forum Mahasiswa Asal Sumbagsel membahas potensi kedaerahan. Biladisimpulkan disana ada 3 potensi yang bisa digali;

  • Potensi Massa;

mahasiswa dan alumni asal daerah  yang berdomisili di daerah dimana dia bekerja atau belajar (kuliah) yang belum terhimpun dalam satu wadah atau komunitas.

  • Potensi Jaringan;

jaringan mahasiswa dan  alumni yang dapat dihimpun, diperluas dan dikembangkan dengan baik, memberikan peluang serta kontribusi.

  • Potensi Dakwah Islam;

kebutuhan mendesak akan stok SDM potensial untuk pengembangan wilayah sumbagsel dan sekitarnya baik dari sisi kehidupan social, budaya, politik dan masyarakat.

Akhir dari mukernas ini menghasilkan sebuah Organisasi Persatuan Mahasiswa Islam Sumatera Bagian Selatan atau disingkat PERMASISEL. Sehingga tidak lagi sekedar paguyuban atau forum yang selama ini telah dijalani. PERMASISEL memperluas diri menjadi 4 wilayah bagian Permasisel Jabodetabek, Permasisel Jabar, Permasisel Jateng dan Permasisel Jogja.

Keinginan yang kuat dari kami untuk menembus program kerja yang lebih real untuk kontribusi daerah asal. Anggota PERMASISEL yang tersebar di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seperti ITB, UI, UGM, UNPAD, IPB, UPI, UNDIP, UNJ, UNY, LIPIA Jakarta, UII, UMY, dll. Hingga kami yakin bahwa kami memiliki keahlian dalam berbagai bidang, diantaranya bidang teknik, kedokteran, keguruan, ekonomi syariah, psikologi, enterpreneur, IT, dan bidang-bidang lain, yang intinya skill ini dapat menjadi stok SDM yang potensial untuk dikembangkan di daerah asal. Keinginan yang kuat untuk menembus proyek pemerintah dan menyukseskan program pemerintah daerah, menyediakan stok SDM keperusahaan BUMN dan Swasta, serta lembaga atau yayasan lain.

PERMASISEL menyadari akan peluang daerah, menuntut sebuah keharusan anggotanya untuk pulang kedaerah asal atau bila tidak pulang kedaerah asal maka, menyumbangkan material dan ilmu serta pengalaman yang bisa dibawa pulang ke daerah asal (dalam artian sadaqah/ amal jariyah). Inilah ikhtiar kami, yang bisa kami baktikan untuk tanah kelahiran kami, tanah dimana kami dibesarkan. Semoga Allah memudahkan langkah kaki kami untukmenjayakan daerah hingga negeri ini. Amin..🙂🙂🙂

One Response to MUKERNAS PERMASISEL

  1. agus says:

    barakallah..🙂
    dari forum mjd organisasi permasisel mudah2an mjd lbh kongkrit n progresif dlm brgerak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: