Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Pendidikan Pofesi Guru (PPG) merupakan upaya strategis untuk meningkatkan mutu guru baik dari guru TK, SD, SMP dan SMA. Pendidikan profesi yang dimaksud profesionalisasi jabatan seorang guru yakni adanya pengakuan dari masyarakat dan pemerintah atas keahlian yang dimiliki secara formal, sistematik, sungguh-sungguh dalam waktu yang cukup panjang. Pengampunya layak untuk diberi penghargaan dan hanya guru yang kompeten lah yang diijinkan menjadi pendidik formal.

Salah satu ciri guru profesional adalah kompeten dalam hal merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menindaklanjuti hasil evaluasi, melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dan mampu mengembangkan profesionalitasnya secara berkelanjutan.

Sistem Pembelajaran PPG

Sistem pembelajaran pada Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah lokakarya dan PLP. Lokakarya atau workshop SSP (subject specific pedagogy) yakni, pembelajaran yang bertujuan menyiapkan mahasiswa agar mampu mengemas bahan ajar dan strategi pembelajarannya yang mendidik. Program Latihan Profesi (PLP) yakni, proses mengimplementasikan workshop dalam sitasi otentik di lapangan di bawah supervisi yang efektif dari dosen PPG dan guru pamong (Dosen Luar Biasa).

Bahan lokakarya yang dibahas diantaranya;

  1. Menentukan (menyiapkan) nama-nama guru yang dapat dianggap layak jadi guru pamong.
  2. Menentukan mata pelajaran apa saja yang siap dipraktikan di sekolah kita (bila tidak mungkin semuanya).
  3. Menentukan kelas-kelas mana saja yang kiranya siap memberikan layanan praktik kepada para praktikan
  4. Menentukan waktu praktik atau jadwalnya baik, hari, minggu dan bulan serta semester mana saja yang disiapkan untuk menerima praktikan
  5. Menentukan daya tampung sekolah tiap minggu, bulan atau semester dalam mengakomodasi praktikan, baik PPG maupun reguler
  6. Memilih RPP yang paling baik utnuk dijadikan model bila diperlukan oleh para praktikan.

3 Responses to Pendidikan Profesi Guru (PPG)

  1. M.FADLI says:

    BAIK SEKALI PROGRAM INI,TAPI JANGAN SAMPAI PESERTA DIDIK TERLANTARKAN YA ?

  2. ikhs says:

    @fadli; pendidikan harusnya mampu mensejahterakan baik siswa maupun guru🙂 maka bila masih belum terpenuhi, salah satu diantaranya akan menuntut. Siswa akan menuntut pendidikan trhadap guru, sisi lain guru juga akan menuntut untuk mencari kesejahteraan selain menjadi guru ditempat trsbt, sehingga inilah yang kemudian menjadi permasalahan yang fadli sebutkan..

    Dengan adanya program sertifikasi guru (PPG) memberikan tempat seorang guru untuk diakui bahwa guru trsbt layak untuk mendapatkan hak dan kewajibannya.. (ini yang saya pahami)

  3. oteps says:

    sudah mulai dibuka pendaftarannya? berapa lama kuliahnya? kira-kira berapa biayanya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: