Pengguna Internet Kalangan Pelajar

Internet telah menawarkan sumber informasi yang lengkap, memberi kemudahan, kecepatan akses bagi semua pengguna kapan dan dimanapun berada serta berkomunikasi secara online. Internet menawarkan fasilitas kepada pengguna untuk mengirim dan menerima  e-mailchatting atau  komunikasi  lewat internet, dan yang paling sering dilakukan adalah membuka situs-situs Internet, terutama situs-situs jejaring sosial (social networking), seperti Friendster dan Facebook serta weblog. Di situs-situs jejaring sosial tersebut mereka dapat berinteraksi dengan teman-teman mereka. Hal ini membawa kesenangan tersendiri bagi mereka karena mereka secara aktif terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan bersama teman-teman mereka.

Pengguna internet di Indonesia didominasi oleh kaum pelajar. Pengguna situs sosial pun semakin banyak seperti frienster dan facebook. Booming Friendster.com sebagai situs jejaring sosial di kalangan pelajar dan mahasiswa pada empat tahun terakhir, telah menempatkan Indonesia sebagai pemilik account Friendster nomor tiga sedunia Pak Romi. Disamping itu tren blogging pun tidak kalah, di akhir-akhir ini blog banyak diminati sebagai situs pribadi untuk menuliskan hal tentang kehidupan dan perjalanan hidup serta banyak anak muda yang dengan cara instan ingin mendapatkan uang lewat bisnis di internet. Satu hal yang menarik dari blog adalah bahwa jumlah blog di Indonesia berkembang sangat pesat. Enda Nasution, seseorang yang termasuk generasi-generasi awal blogger di Indonesia dan disebut “Bapak” Blogger Indonesia mengatakan bahwa jumlah  blog  di Indonesia berlipat dua setiap 6 bukan sekali. Perhitungan pada bulan Oktober 2007 mendapatkan jumlah  blog Indonesia adalah sekitar 130 ribu (www.detiknet.com). Blogger lokal pada tahun 2008 diperkirakan sudah mencapai 600 ribu. Sementara di akhir tahun bisa menembus 1 juta blogger.

Di Asia, friendster.com menjadi situs jaringan sosial terbesar yang dikunjungi rata-rata 32 juta pengguna internet setiap bulannya. Di Indonesia, Friendster memiliki lebih dari 8 juta pengguna terdaftar dan 4 juta pengunjung unik setiap bulan di friendster.com pada Februari 2008. Sementara 40 persen dari 25 juta pengguna internet yang ada di Indonesia memiliki akun Friendster. Penggunaan bloger pun tak kalah pada tahun 2008 jumlah pemakai blogspot sekitar 279.000 dan wordpres sekitar 125.000 menurut Ventura Elisawati di vlisa.com (2008). Sedangkan CNET News.com (2008) mengatakan ada 14 juta blog yang eksis dan terus bertambah setiap harinya sebanyak 80.000.

5 Responses to Pengguna Internet Kalangan Pelajar

  1. Perlu adanya strategi memanfaatkan keadaan diatas, agar para pelajar-pun bisa lebih produktif. Yoo.. kita perkaya kontennya…

  2. ikhs says:

    yup, perkaya konten mendidik, menurut Pak Romi

  3. […] dalam mengajar. Komputer adalah alat (media/sarana) pendidikan luar biasa, bagaimana telah dijelaskan. Namun teknologi ini juga dapat menjadi gangguan besar untuk belajar. Internet, instant messaging, […]

  4. arnolawal says:

    perlu pelatihan atau penyuluhan agar penggunaan internet terhadap pelajar lebih terarah.

  5. ikhs says:

    ya benar..termasuk juga dukungan dari pihak sekolah (guru).
    thnk’s sudah berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: