IT and Education

Sains dan teknologi akan terus maju dan berkembang. Dengan pendidikan yang baik pengetahuan masyarakat akan bertambah. Kemampuan masyarakat untuk menyelesaikan masalahnya juga makin tinggi. Hal tersebut terakhir akan memicu dan memacu berbagai keinginan dan kebutuhan baru. Kebutuhan baru itupun bersifat dinamis, berubah-ubah.

Dengan demikian desain dan produk baru juga akan bermunculan dengan life-cycle yang lebih pendek. Meskipun setiap produk diusahakan agar ramah kepada pengguna (user friendly), tetapi pengguna juga dituntut untuk secepatnya dapat menguasai prinsip kerja dan teknologinya supaya dapat mendayagunakan secara efektif dan efisien. Penguasaan bahasa, matematika dan sains dasar diperlukan untuk mengikuti perkembangan serta mempelajari hal-hal baru. Karena itu pula pendidikan dan pengajaran bahasa, matematika dan sains dasar, perlu mendapatkan perhatian lebih banyak supaya lebih ramah dan disukai.

Sementara itu kreativitas dan daya inovasi harus dikembangkan supaya sains dan teknologi dapat menghasilkan desain dan produk baru serta kegiatan yang lebih baik dan lebih bermanfaat. Termasuk dalam hal tersebut adalah kemampuan untuk mengembangkan banyak alternatif yang kreatif (creative alternatives) serta mewujudkan gagasan menjadi produk yang tinggi nilai kemanfaatannya.

Walaupun demikian, pendapat dan gagasan yang cemerlang sekalipun hanya dapat dipahami, diterima dan diimplementasi jika dapat dikomunikasikan dengan baik. Dalam hal tersebut diperlukan kemampuan dan keterampilan berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan dalam pergaulan, untuk membangun kebersamaan, persahabatan, dan kerjasama yang baik. Termasuk dalam kemampuan berkomunikasi adalah kemampuan mendengarkan.

Demikianlah hal tersebut diperlukan untuk mendapat hikmah, pelajaran, pengetahuan dan pengalaman orang lain, dari seminar dan pertemuan serta pergaulan sehari-hari. Kemampuan dan keterampilan berkomunikasi sangat diperlukan dalam diplomasi dan negosiasi dalam menyelesaikan masalah, baik masalah nasional maupun masalah internasional. Sementara itu kemajuan teknologi informasi memberikan berbagai kemudahan dan sarana dalam komunikasi dan mendapatkan informasi.

Demikianlah kemajuan sains dan teknologi memungkinkan berbagai alternatif teknologi yang kreatif untuk memajukan pendidikan, tetapi juga untuk menyiapkan mahasiswa agar dapat menerapkan teknologi informasi dalam pekerjaannya di kemudian hari.

2 Responses to IT and Education

  1. dwi says:

    keep hamasah? terus berjuang bro!!!

  2. herdy al-ayyubi says:

    hallo bro… Boleh juga tulisannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: