Presentasi Ubuntu 8.04 di SMA

Senin kemarin, ujian program latihan profesi di SMA Labschool UPI materi yang saya bawakan tentang Operating System. Awalnya saya bingung ingin mengisi materi sistem operasi  windows, siswa sudah pada mengenal baik. Namun saya ingin presentasi ini menarik, berbedda dengan yang lain dan menggunakan media yang tidak biasa. Kemudian saya mencoba untuk berbagi sharing ilmu tentang materi sistem operasi linux, sebenarmya udah lama pakai linux dual OS namuntak jarang juga windows, jadi harus update lagi.

Materi yang akan  saya bawakan yakni tentang keunggulan dari sistem operasi seperti;

  1. Linux dapat diperoleh secara gratis
  2. Dalam satu paket Linux terdapat banyak perangkat lunak aplikasi
  3. Linux merupakan sistem operasi yang bersifat multiuser dan multitasking
  4. Pengguna dapat memperoleh dan memodifikasi source code (kode sumber) Linux
  5. Pengguna dapat mengembangkan Linux versinya sendiri.
  6. Linux yang telah dikembangkan dapat didistribusikan kembali tanpa melanggar hak cipta.

Disamping juga tampilan linux yang menarik dll.  Linux yang saya pakai adalah Ubuntu versi 8.04 dengan beberapa kelebihannnya. Ubuntu diambil dari bahasa Afrika yang berarti rasa perikemanusiaan terhadap sesama manusia.
Ubuntu dapat pula diartikan sebagai “aku adalah aku, karena keberadaan kita untuk semua”. Secara sederhana, makna Ubuntu adalah kebersamaan. Ubuntu sering disimbolkan dengan tiga orang yang berdiri melingkar sambil bergandengan tangan. Logo-logo Ubuntu menggambarkan pula makna yang sama. Sistem operasi Linux Ubuntu tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan yang baik, yang bersumber dari komunitas dan ahli teknologi informasi.

UBUNTU

2 Responses to Presentasi Ubuntu 8.04 di SMA

  1. Hendra says:

    Mantap Mas, Kita kembangkan OpenSource-Linux-Ubuntu di seluruh Indonesia, biar gak dibelenggu Microsoft dkk..
    Hahaha…

    Materinya boleh juga tuhh kalo bisa kita baca semuanya, kebetulan saya juga akan memberi materi soal Linux ke anak2 sekolah… Jadi perlu masukan-masukan…

    Go OpenSource

  2. ikhs says:

    terimaksih.. ya nanti aku kirimin materi2nya..

Leave a Reply

