Program Latihan Profesi (PLP) Guru TIK

Pendidikan harus mampu menghasilkan anak didik yang berpengetahuan, beretika moral, beriman dan bertakwa. Seorang pendidik harus mampu mengembangkan dan mengarahkan potensi anak didik. Univerisitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu bagian dari penghasil pendidik tersebut. UPI, jurusan TIK (Pend. Ilmu Komputer) juga bagian dari penghasil guru-guru TIK di Indonesia. Hal ini merupakan tanggung jawab yang besar dalam mengembangkan pendidikan yang berwawasan yang luas.

Program Latihan Profesi merupakan suatu upaya mengembangkan calon pendidik tersebut dengan pelatihan dan aplikasi mata kuliah pada Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI selama tujuh semester kuliah. Dengan PLP ini di harapkan para mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer dapat lebih memantapkan lagi keprofesionalannya dalam mengajar. Selain itu PLP dapat membantu mahasiswa melihat secara langsung realitas kasus yang ada di lapangan. Bagaimana mahasiswa mampu mengenal kondisi sekolah, sosok seorang guru, karakter siswa, dan mampu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Beberapa saran atau masukan untuk mahasiswa yang mengikuti PLP, pertama senantiasa melaksanakan dengan sungguh-sungguh karena tidak sedikit bagi mereka yang sering melalaikannya, padahal ini menjadi nilai plus untuk mendapatkan link mengajar di sekolah tersebut. Hal ini juga menjadi tantangan keprofesionalan mahasiswa sebagai seorang calon guru. Kedua, menyiapkan bahan ajar dan program pengajaran selama semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dll. Ketiga,gunakan selalu metode pendekatan dalam mengajar yang menarik dan menyenangkan sesuai kondisi siswa pada saat mengajar, bila perlu gunakan media pembelajaran yang mendukung.

2 Responses to Program Latihan Profesi (PLP) Guru TIK

  1. isil says:

    wah…saya sebentar lagi mau ikut PLP kang di sma n 2 bandung..
    mudah2n diberi kemudahan..
    grogi

  2. Dwi Al-Ikhs says:

    @isil: ya, semoga lancar..🙂 PLP sebuah pembelajaran yang tak terlupa juga memberikan langsung pengalaman bagaimana permasalahan mengajar real di lapangan kerja (sekolah)..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: