Metode Mind Mapping

Mind map (peta pikiran) yakni membuat materi/bahan pelajaran menjadi suatu peta pikiran (memetakan pikiran kita). Mind map merupakan suatu pendekatan yang lebih efektif, membantu otak untuk berfikir secara teratur, memasukkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi dari otak. Ini merupakan cara yang paling kreatif dan inovatif dalam membuat catatan.

Tony Buzan, seorang berkebangsaan London telah menciptakan teori Mind Map. Tony Buzan adalah seorang penulis buku yang bertema human brain, kreatifitas dan pembelajaran dalam otak manusia dalam berfikir. Buzan mempelajari bahwa sebenarnya manusia dilahirkan dengan jutaan kali lebih canggih dari komputer.

Secara individual kita dapat menganalisis ide-ide, mencatat pelajaran atau merencanakan penelitian baru sehingga dapat mengidentifikasi secara jelas dan kreatif apa yang telah dipelajari dan apa yang telah direncanakan. Strategi Mind Map juga dapat menghilangkan kebosanan dalam mencatat cara tradisional, sehingga dalam hal ini otak akan lebih akan cepat mencerna serta mengingat catatan yang telah dibuat.

Manfaat dari metode min Map ini adalahg sebagai berikut.

  1. Mempercepat pembelajaran, karena mampu memahami konsep yang sama dengan kerja otak ketika menerima pelajaran.
  2. Melihat koneksi antar topik yang satu dengan yang lain yang memiliki keterkaitan.
  3. Membantu brainstorming, mengasah kemampuan otak untuk bekerja.
  4. Membantu ide serta gagasan yang mengalir karena tidak selalu ide dan gagasan dapat mudah direkam.
  5. Melihat gambaran suatu gagasan secara luas dan besar, sehingga membantu otak bekerja secara maksimal dan berfikir besar terhadap suatu gagasan.
  6. Menyederhanakan struktur ide dan gagasan tersebut.
  7. Memudahkan untuk mengingat ide dan gagasan tersebut.
  8. Meningkatkan daya kreatifitas dan inovatif

Dalam prinsipnya Mip Map sangat sederhana, cukup menuliskan dengan mengikuti kemana otak kita berfikir, apa yang terlintas, apa yang teringat dalam bentuk coretan yang berkait-kaitan. Coretan berkaitan (radiant thinking) dimulai dari tengah sebagai pusat, kemudian mengembangkan kearah tepi. Metode Min Map ini juga dapat membuat otak lebih fresh karena banyak masalah yang terlintas di kepala, atau ide serta gagasan yang sulit untuk direkam yang membebani otak bawah sadar. Dengan metode ini akan menjadi alat untuk menuangkan semua gagasan dan pikiran. Hal ini disebabkan karena konsep kerja Mind Map sama dengan cara otak kita bekerja.

Mind Map sudah banyak digunakan oleh banyak orang dan banyak diterapkan dalam banyak hal, misalnya untuk pendidikan, bisnis dan personal. Penerapan metode ini dapat menggunakan tulisan tangan atau aplikasi Mind Map yang bersifat free. Kita dapat memperolehnya dengan di situs freemind.sourceforget.net.

Sumber;
1. Wikipedia
2. Google

About these ads

4 Responses to Metode Mind Mapping

  1. assyahin says:

    wah boleh juga nih..

  2. d2one says:

    kang dwi, klw yang ni “beli mangga campur sirup bagaimana rasanya” jembatan keledai buat unsur2 kimia termasuk mind mapping..

  3. m. taufik says:

    mas tolong daftar buku yang berkaitan dengan map maping donk, buat refrensa skripsi,tolong mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: